Sendal Spon Toyomarto Primadona Singosari Malang

Sendal Spon Toyomarto Primadona Singosari Malang

Sendal spon warna warni dominasi anak muda (ve)
Sendal spon warna warni dominasi anak muda (ve)

Warta Malang – Tidak hanya terkenal kerajinan cobek batunya, Desa Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang juga kaya akan produk home industri di masyarakatnya. Salah satu bentuk Usaha Kecil Mikro (UKM) yakni sentra kerajinan pembuatan Sandal Spon made in Singosari.

Seperti sudah mendarah daging kreatifitas jiwa entrepreneur masyarakat sejak tahun 1992, kerajinan sandal spon yang terletak di dusun Sumberawan dan Ngujung Desa Toyomarto ini bisa dikatakan besar. Hampir di setiap sudut gang, pengendara yang melintas wilayah tersebut pasti akan disuguhi banyaknya plakat- plakat produksi sandal spon dan lalu lalang warga sekitar mengangkut lembaran spon di atas jok motornya.

Salah satu pengrajin Yono (34), warga RT 01/RW02 Dusun Sumberawan Toyomarto. Wirausaha muda ini mengaku menggeluti usaha kerajinan warisan orang tuanya sejak 16 tahun silam. Selain prosesnya muda serta tersediahnya bahan baku yang mudah dicari, membuatnya semangat memproduksi sandal spon dalam jumlah besar. “Sangat menguntungkan, sekitar 7000 sampai 10 ribu lebih sandal spon berbagai jenis kita produksi setiap bulannya disini,”ungkapnya.

Pada sistem tugas pengerjaan, mulai dari pengeleman, penyablonan motif, pencetakan, pack hingga pengeplongan. Untuk itu pada pengerjaan motif warna pesanan pasar juga harus mengikuti tren. Seperti, hijau, merah, biru, putih dan kuning yang dirasa sangat menarik bagi segmen kawaula muda dan anak- anak.“Sebagai daya tarik pembeli, kita kebanyakan mengerjakan pesanan sandal spon motif warna, hal itu sebagai daya tarik segmen muda,”ujarnya.

Sedangkan pada pemasarannya berada pada pengepul langganan. Pesanan datang yang paling banyak berada di Pasar Besar Matahari Malang. Tak hanya lokal pesanan juga datang dari luar kota seperti, Surabaya, Lumajang, hingga Pasuruan. (ve)

Comments

comments