Mengenal Sosok Pelatih Pertama Arema

Mengenal Sosok Pelatih Pertama Arema

Slamet menunjukkan logo pertama arema ©rofi_paul

Wartamalang.com | Malang – Arema adalah salah satu tim kebanggan warga Malang Raya, meski begitu, tidak banyak yang tahu siapa yang pertama kali melatih tim berjuluk Singo Edan ini. Dia adalah Slamet Pramono, Slamet adalah pelatih Armada 86 yang tim tersebut adalah cikal bakal berdirinya klub sepakbola yang kini menjadi salah satu raksasa di Indonesia yakni Arema Malang.

 

Namun, meskipun menjadi pelatih pertama Arema, Slamet Pramono tidak bisa menukangi Arema saat pertama kali terjun di kompetisi resmi Liga Sepakbola Indonesia yang pada saat itu masih bernama Kompetisi Galatama pada tahun 1987. Posisinya pun di ganti oleh Sinyo Aliando sedangkan Slamet Pramono menjabat sebagai Assisten Pelatih Sinyo Aliando hingga pada pelatih M Basri di tahun 1993, kemudian setelah itu dirinya berpindah ke klub lain.

 

Sementara itu, beliau juga salah satu yang menjaring dan memantau Gala Desa untuk mencari bibit berbakat, salah satunya adalah Joko Susilo, Singgih Pitono, Kuncoro, Aji Santoso dan lainnya. Sekedar diketahui, Arema dulu didirikan tidak diprediksi akan sebesar sekarang. Hal itu wajar mengingat para pemain menganggap bermain bola adalah hobi, dan gaji telat. Terkadang Walikota Malang pada saat itu Ebes Sugiyono yang justru mentalangi (nomboki ker)untuk uang saku para pemain saat Tur Away.

 

 

Perlu di ketahui, Slamet Pramono adalah mantan pemain Persebaya Surabaya, selain itu dia juga pernah membela timnas Indonesia. karena kerasnya tendangan kaki kanannya saat membela timnas, beliau mendapat julukan si Tendangan Halilintar.

Namun naas menimpa dirinya, sehari sebelum hari kemerdekaan 2010 beliau meninggal dunia karena melindungi cucunya dari ledakan mercon. [wmc-ryn]

Comments

comments