Pemkot Malang Peringati HARI SUMPAH PEMUDA Ke-87

Pemkot Malang Peringati HARI SUMPAH PEMUDA Ke-87

Peringatan Sumpah Pemuda ke-87 di Balaikota Malang. © Rian Fauzi
Peringatan Sumpah Pemuda ke-87 di Balaikota Malang. © Rian Fauzi

WartaMalang.com | Kota Malang – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-87 Tahun 2015, Pemkot Malang menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-87 dengan tema ‘Revolusi Mental Untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi Satu Untuk Bumi’ yang dipimpin oleh Walikota Malang H. Moch. Anton.

Upacara yang dilaksanakan di halaman depan Balaikota Malang ini bertujuan untuk membangkitkan semangat pemuda Indonesia yang telah dideklarasikan pada Sumpah Pemuda tahun 1928 yaitu untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.

Dalam sambutannya, Walikota Malang H. Moch. Anton menyampaikan saat ini Indonesia sedang menghadapi fenomena baru akibat arus modernisasi dan kemajuan teknologi informasi. Teknologi yang berkembang menimbulkan dampak positif juga negatif. Namun saat ini dampak negatif lebih mendominasi masyarakat seperti halnya informasi-informasi yang diterima oleh masyarakat bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya tanpa dapat dibendung dengan baik.

“Teknologi informasi juga tak lepas dari sosial media yang menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, dan lintas agama. Tidak mudah bagi orang tua, guru, lembaga pendidikan termasuk negara untuk dapat mengontrolnya sehingga kasus kekerasan dan pembunuhan yang melibatkan anak-anak ternyata bermula dari interaksi di sosial media,” ujar Anton.

Selain itu, Anton juga menyayangkan atas fenomena pengelolaan sumber daya alam Indonesia belum sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan atau sustainability development. Fenomena ini terkait dengan musibah kabut asap yang menyebabkan polusi terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Sementara itu, kegiatan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-87 ini dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan pemenang lomba-lomba baik regional maupun nasional. [kr]

Comments

comments